Jumat, 06 Juli 2012

Page Setup digunakan untuk mengatur ukuran kertas, mengatu batas pengetikan dan layout halaman. untuk menampilkan Pge Setup, kita bisa lakukan dengan cara :
  • Klik menu File - Page Setup, atau
  • Doubel klik pada kiri atau kanan mistar ( area mistar yang berwarna abu-abu)
Berikut ini tampilan dan fungsi dari Page Setup.
Pada tab Paper, klik paper size untuk menentukan jenis kertas yang kita inginkan, apabila ukuran kertas tidak ada yang sesuai maka kita gunakan width untuk menentukan lebar kertas dan height untuk menentukan tinggi kertas.

Masalah yang sering timbul adalah ketika satuan di mistar belum sesuai dengan ketentuan yang di minta, misal ketika kita di minta menetik sebuah makalah dengan batas pengetikan atas dan kiri 4 cm, kanan dan bawah 3 cm, sedangkan di mistar satuan yan tampil Inchi. untuk itu kita harus mengubah ukuran mistarnya.
  • Klik menu Tools - Options
  • Pilih Tab General
  • Ganti satuan mistar pada kotak Measurement Unit - Ok





Spasi
Kita dapat mengatur jarak spasi dari baris agar masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatur jarak spasi baris menggunakan menu, ikuti langkah berikut :
  • Pilih atau tempatkan kursos pada paragraf yang akan Anda format.
  • Pilih dan klik menu Format, Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan ditampilkan.
  • Pada kotak dialog tersebut, klik tab Indents and Spacing.
  • Pada bagian Spacing, tentukan jarak spasi baris yang anda inginkan. Kotak isian Before, diisi dengan jarak spasi sebelum paragraph. Kotak isian After, diisi dengan jarak spasi sesudah paragraph.
  • Kotak daftar pilihan Line Spacing, diisi dengan jarak spasi baris yang diinginkan.
  • Single untuk jarak spasi satu.
  • 1.5 lines, untuk jarak spasi satu setengah.
  • Double, untuk jarak spasi dua.
  • At least, untuk menentukan jarak spasi minimal.
  • Exactly, untuk menentukan jarak spasi yang pasti.
  • Multiple, untuk menggandakan jarak spasi Single menjadi Dua, 1.5 lines menjadi Tiga dan Double menjadi Empat. Bisa juga digunakan untuk membuat spasi dengan jarak bebas dengan cara mengetik jarak spasi di kotal at (misal 1.3 atau 1.7)
Spasi juga bisa kita atur dengan menggunakan Line Spacing pada Toolbar Formating
  • Klik 1.0 untuk 1 spasi (atau tekan Ctrl + 1 pada Keyboad)
  • Klik 1.5 untuk 1,5 spasi (Ctrl + 5)
  • Klik 2.0 untuk 2 spasi (Ctrl + 2 )
  • Klik More untuk mengatur spasi yang lain atau menampilkan kotak dialog paragraf.

    Menu Insert

  • Manual Gnumeric, versi 1.10
  • Gnumeric Elemen
  • Menu
Menu Insert
Gambar 4-11 Menu Insert.
Pilihan menu dikelompokkan ke dalam kelompok berikut:
1 Masukkan ke dalam buku kerja.
Item menu mengubah sel tersedia dalam workbook.
  • Sel ... - Sel ... item menu membuka dialog meminta pengguna bagaimana lembar harus diubah ketika sel-sel baru dimasukkan. Dialog daftar empat pilihan. Pengguna dapat memilih salah satu dengan mengklik pointer mouse pada salah satu dari empat titik. Hanya satu pilihan yang mungkin dan pilihan yang dipilih saat ini memiliki titik hitam di depan.
    Sel-sel Shift kanan akan memasukkan wilayah sel-sel baru dari ukuran pilihan saat ini. Sel yang berada di baris yang sama dengan seleksi dan dalam atau di sebelah kanan seleksi akan bergeser ke kanan untuk mengakomodasi sel baru. Sel Shift turun pilihan juga akan memasukkan wilayah sel-sel baru ukuran yang sama seperti pilihan saat ini. Dengan pilihan ini, sel-sel yang dalam seleksi atau di bawah seleksi akan turun ke bawah untuk mengakomodasi sel baru. Dua pilihan lainnya akan bertindak sebagai jika pengguna memilih untuk menyisipkan baris atau kolom. Kegiatan tersebut dijelaskan di atas.
  • Kolom - Item menu Kolom akan menyisipkan kolom di sebelah kiri pilihan saat ini. Jumlah kolom terpasang akan sama dengan jumlah kolom yang direntang oleh pilihan saat ini.
  • Baris - Item menu Baris akan menyisipkan baris di atas pilihan saat ini. Jumlah baris terpasang akan sama dengan jumlah baris yang direntang oleh pilihan saat ini.
  • Lembar - Lembar Item menu memungkinkan pengguna untuk menyisipkan lembar kerja segera setelah lembar saat ini.
2 Masukkan benda ke dalam worksheet atau konten ke dalam sel saat ini.
Item menu memasukkan benda lembar ke dalam worksheet atau memasukkan konten ke dalam sel saat ini.
  • Grafik ... - Grafik ini ... menu item akan memungkinkan user untuk memasukkan plot grafik data. Item menu ini akan meluncurkan Druid grafik. Grafik di Gnumeric dijelaskan dalam Bab 10 - Grafik .
  • Gambar ... - Image ... menu item akan memungkinkan user untuk memasukkan objek grafis yang berisi gambar dari file eksternal. Penggunaan gambar di Gnumeric dijelaskan dalam Bagian 9.2 - Gambar .
  • Fungsi - Item menu ini membuka dialog untuk memungkinkan pengguna untuk memasukkan rumus matematika ke dalam sel. Dialog fungsi termasuk nama dan penjelasan singkat dari semua fungsi yang tersedia.
  • Fungsi Wrapper - Memilih item dari submenu yang ditunjukkan pada Gambar 4-12 menggantikan setiap wilayah persegi panjang dalam pemilihan saat ini dengan fungsi array di mana fungsi yang sesuai melilit versi array dari konten saat ini. Ini dapat digunakan untuk menciptakan wilayah sendiri penyortiran data.
    Gambar 4-12 Submenu Fungsi Wrapper.
  • Nama ... - Nama The ... item menu membuka dialog (lihat Gambar 4-13 ) dengan daftar dari semua nama yang didefinisikan yang dapat disisipkan ke dalam sel teh saat ini. Bagian 5.2.4.4 - Nama nama menjelaskan secara lebih rinci.
    Gambar 4-13 Dialog Nama Insert.
     
     

    Menyisipkan Clip Art

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetikkan teks ke dokumen baru. Jadi silakan ketik Bapak Presto cerita di halaman baru Anda. Jika Anda tidak suka mengetik semuanya, klik di bawah ini untuk men-download salinan:
    Bila Anda telah mengetikkan semua bahwa Anda dapat memasukkan beberapa clip art. (Catatan: Kotak dialog adalah dari Word 2000 Jika Anda memiliki versi Word yang lebih besar dari 2000, lalu. men-download versi Anda di sini .)
    1. Posisikan kursor pada akhir teks Anda
    2. Dari menu bar, klik Insert
    3. Dari menu drop down, gerakkan mouse Anda ke "Gambar"
    4. Sebuah sub menu muncul
    5. Pilih Clip Art
    6. Kotak dialog berikut akan muncul:
    Para Insert Clip Art kotak dialog
    Clip art disusun kedalam kategori. Untuk melihat Clip Art dalam kategori, klik kategori dengan tombol kiri mouse Anda. Untuk memasukkan pesulap dan kelinci nya, klik "Hewan" kategori. Kotak dialog sekarang akan ini:
    Ada 7 gambar dalam kategori Hewan
    Klik pada penyihir dengan tombol mouse kiri. Anda akan melihat:
    Klik pada clip art untuk melihat ini
    Yang pertama dari empat ikon inilah yang kita inginkan - klip insert. Jadi klik ikon pertama dari empat. Gambar akan dimasukkan ke dalam dokumen Anda. Tapi Clip Art kotak dialog tidak akan hilang. Untuk menghilangkan kotak dialog, klik tanda X kecil di kanan atas kotak.

    Menambahkan WordArt di Word 2007

    Dengan Doug Lowe
    WordArt adalah fitur kecil yang bagus yang mengambil potongan teks biasa di Word 2007 dan berubah menjadi sesuatu yang tampak seperti Anda membayar biro iklan untuk merancang. Ikuti langkah-langkah untuk membuat WordArt.
    1

    Klik tombol WordArt pada kelompok Sisipkan pada tab Sisipkan.

    Langkah ini membawa pada galeri WordArt .
    2

    Klik WordArt gaya yang paling menyerupai apa yang Anda ingin membuat dan kemudian klik OK.

    Edit WordArt Text kotak dialog muncul.
    3

    Ketik teks Anda dalam Teks lapangan dan kemudian klik OK.

    Objek WordArt muncul. The Ribbon juga menampilkan tab Format pada menu Peralatan WordArt. Percobaan dengan kontrol Anda temukan di sana sebanyak yang Anda inginkan sampai Anda mendapatkan teks untuk mencari tepat.
    4

    (Opsional) Untuk mengubah bentuk WordArt Anda, gunakan tombol Change Shape, yang ditemukan pada tab Format, di grup Gaya WordArt.

    Sebuah menu muncul saat Anda mengklik tombol ini. Anda perlu sedikit bereksperimen dengan bentuk-bentuk ini untuk melihat bagaimana mereka bekerja. Perhatikan bahwa beberapa dari mereka memiliki dua atau tiga bagian. Bagi mereka bentuk, masukkan teks yang ingin ditampilkan setiap bagian dari bentuk pada baris terpisah dalam kotak teks dialog Edit WordArt.
    Jangan lupa bahwa, di mata Word, objek WordArt tidak teks, Anda tidak dapat mengeditnya hanya dengan mengklik dan mengetik. Sebaliknya, Anda harus mengedit teks dari kotak dialog Edit WordArt Text, yang dapat Anda buka dengan mengklik kanan WordArt tersebut dan memilih Edit Teks.

    Cara Menggunakan AutoShapes Membuat Logo Microsoft Word

    Dalam bagian sebelumnya , Anda belajar bagaimana membuat logo sederhana. Kita sekarang akan membuat logo yang lebih canggih menggunakan AutoShapes. Logo kita akan desain satu ini:
    Logo yang AutoShape
    Sekali lagi, itu tidak terlalu kompleks, tetapi akan menunjukkan penggunaan AutoShapes, dan Pengelompokan. Kita berangkat, lalu.
    Untuk memulai logo, klik AutoShapes pada gambar toolbar. Anda mendapatkan pop up menu bentuk tersedia. Ada banyak untuk dipilih. Pada gambar di bawah, menu Shape Dasar sub ditampilkan:
    Dasar Bentuk
    Untuk memilih bentuk, Anda mengklik salah satu dengan tombol kiri mouse Anda. Kemudian gambarlah bentuk pada halaman Anda, seperti yang Anda lakukan dengan oval di logo pertama.
    Tapi kami tidak ingin salah satu dari mereka bentuk. Kami ingin mendapatkan bentuk klip seni. Untuk melakukannya, klik AutoShapes Lebih di bagian bawah menu.
    Anda mendapatkan kotak dialog Clip Art akrab bermunculan. Ini sedikit lebih ramping saat ini. Gulir ke bawah sampai Anda mendapatkan kategori "Lain-lain", seperti pada gambar berikutnya:
    Pilih kategori Miscellaneous
    Klik Miscellaneous dan Anda akan melihat bentuk yang tersedia. Gulir ke bawah sampai Anda melihat satu dalam gambar di bawah, kemudian klik dengan tombol kiri mouse Anda:
    Klik Shape dan memasukkan Klip
    Klik ikon Insert klip dengan tombol kiri mouse Anda. Bentuknya akan ditransfer ke halaman Anda.
    Dengan kotak dialog Clip Art masih terbuka, bergerak turun ke bentuk berikutnya ("L") dan memasukkan klip itu juga. Singkirkan kotak dialog clip art dengan mengklik X kecil di kanan atas kotak.
    Anda sekarang harus memiliki dua bentuk pada halaman Anda. Mereka akan terlihat sedikit besar, tetapi tidak mengubah ukuran mereka belum. Kami akan melakukannya segera. Untuk saat ini, memindahkan bentuk berbentuk L ke posisinya. Pastikan pointer mouse Anda dalam bentuk sebuah salib panah-kepala.
    Gerakkan Langkah 1 - Pointer mouse akan berubah bentuk
    Langkah Satu: pointer akan berubah bentuk
    Gerakkan Langkah 2 - Tekan dan tahan tombol kiri mouse dan tarik ke posisi bentuk
    Langkah Dua: Tekan dan tahan tombol kiri mouse dan tarik
    Gerakkan Langkah 3 - Lepaskan tombol kiri mouse ketika bentuknya dalam posisi
    Langkah Tiga: Lepaskan tombol kiri mouse ketika bentuknya dalam posisi
    Dengan dua bentuk dalam posisi, sekarang kita dapat mengelompokkan mereka bersama-sama.


    Komputer Tutorial Daftar



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar